Download

[Download][slideshow]

View Point

[viewpoint][btop]

Perbedaan USB 2.0 dengan USB 3.0

Baca Juga

Perbedaan USB 2.0 dengan USB 3.0

 mengenai perbedaan USB 2.0 dan USB 3.0 sendiri bisa dikatakan tidak terlalu banyak, intinya adalah dalam kecepatan transfer data saja. Untuk lebih mengetahui apa perbedaan antara USB 2.0 dan USB 3.0 lebih mendetail.

Mengenal USB Port 2.0

Berbicara Mengenai USB, tentunya kita akan langsung teringat dengan beberapa device yang sering kita gunakan seperti kamera digital,handycam, flashdisk dll. USB sendiri adalah Universal Serial Bus atau lebih dikenal USB. Kali ini saya akan mengajak rekan rekan untuk mengenal tentang USB Port 2.0 yang sering kita gunakan dalam keseharian.
Tentang USB Port 2.0

Teknologi USB 2.0 dikenalkan pada sekitar April 2000. Untuk kecepatan transfer, USB 2.0 bisa mencapai maksimal 480 Mbit/detik. Namun pada prakteknya, jarang sekali kecepatan USB 2.0 bisa sampai di atas 300 Mbit/detik. Selain itu, USB 2.0 memerlukan suplai maksimal daya sebesar 500mA. Sedangkan untuk pin steker pada USB 2.0 berjumlah 4 buah.



Penggunaan USB 2.0 sendiri sudah sangat umum, bahkan hampir setiap tempat usaha seperti warnet, USB 2.0 sudah menjadi wajib adanya. Hal ini juga yang menjadikan generasi terbaru dari USB 3.0 agak tersendat, untuk mengenal tentang USB 3.0 tersebut bisa rekan rekan baca di artikel Mengenal USB 3.0


Mengenal USB  3.0

Generasi terakhir dari USB adalah USB 3.0 yang sudah diperkenal kan beberapa tahun lalu, yakni tahun 2007. Keunggulan teknologi USB 3.0 dibanding pendahulunya (USB 2.0) adalah kecepatan transfer datanya yang bisa mencapai 5 Gb/detik. Sekitar 10 kali lipat dari USB 2.0. selain itu juga pada teknologi USB 3.0 panjang kabel bukan jadi masalah yang mempengaruhi kecepatan, jika pada USB 2.0 panjang kabel tidak boleh melebihi 3 meter, hal tersebut tidak berlaku pada USB 3.0.
USB 3.0 bersifat full duplex yang berarti bisa menerima dan mengirim data secara bersamaan. Dan membutuhkan daya 900 mA.



Walaupun dengan berbagai kelebihan yang dimiliki oleh USB3.0 tersebut belum menjadikannya primadona bagi para penggunan USB, hal itu dikarenakan masih belum adanya dukungan dari sistem operasi yang umum (windows). Sementara pengguna USB 3.0 harus menginstall driver dari vendornya, tidak hanya sebatas itu, msh sedikitnya hardware yang mensupport USB 3.0. jadi untuk sekarang ini USB 2.0 masih menjadi primadona USB.
 


Hai.., Saya ,ini Portofolio saya Terima kasih telah membaca artikel 'Perbedaan USB 2.0 dengan USB 3.0' jika rekan-rekan ingin membeli/berdonasi atau memesan program yang terdapat diartikel silahkan hubungi saya di :
Halaman Donasi
BBM : 54D54BDE or
Line/Telegram : didenkuswendi atau blackfanatic
WhatsApp : 0857 8221 2277
E-mail : didenkuswendi@gmail.com

No comments:

yuu.. kita budayakan berkomentar.. bersilaturahmi itu memperpanjang umur... ^_^